Politik Identitas dan Mitos Pemilih Rasional

Authors

  • Burhanuddin Muhtadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v13i2.23

Keywords:

Politik identitas, politik lokal, politik elektoral, Ormas Islam,, Pilkada

Abstract

Perilaku memilih merupakan gejala yang kompleks. Keputusan memilih ditentukan oleh banyak faktor. Seorang calon yang berasal dari kelompok identitas primordial tertentu belum tentu dapat menarik suara mayoritas di kelompoknya sendiri. Hal ini bisa terjadi karena, selain faktor identitas, pemilih juga mempertimbangkan faktor-faktor lain, terutama kualitas personal calon. Intinya, dinamika politik lokal seringkali membuka ruang mobilisasi politik identitas. Secara umum, penelitian ini telah menemukan bukti empiris bahwa agama dan etnis yang menjadi bahan bakar politik identitas merupakan faktor yang penting dalam pemilihan kepala daerah. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Burhanuddin Muhtadi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Selain sebagai pengajar dan peneliti, ia juga dikenal publik sebagai pengamat politik yang kerap muncul di berbagai media. Saat ini menjadi Direktur Eksekutif badan riset bernama Indikator. Dia sering dimintai sebagai narasumber berbagai media cetak dan televisi untuk berbicara masalah-masalah sosial-politik. Dia pernah meraih “Anugerah Media dan Komunikator Terbaik Pilpres 2009” kategori pengamat dari Strategy Public Relations. Pada tahun 2010, dia juga meraih “Charta Awards” kategori pengamat dari Charta Politika. Ratusan tulisannya muncul di berbagai koran dan majalah seperti Kompas, Majalah Tempo, Media Indonesia, The Jakarta Post, Suara Pembaruan, Republika, Koran Seputar Indonesia, dan lain-lain. 

PlumX Metrics

Published

20-12-2018

How to Cite

Muhtadi, B. (2018). Politik Identitas dan Mitos Pemilih Rasional. MAARIF, 13(2), 68–86. https://doi.org/10.47651/mrf.v13i2.23