Dinamika Politisasi Agama di Timur Tengah Pra dan Pasca Arab Spring; Studi Kasus Al Ikhwan Al Muslimun di Mesir

Authors

  • Mush’ab Muqoddas Eka Purnomo Al Azhar Cairo Mesir

DOI:

https://doi.org/10.47651/mrf.v13i2.22

Keywords:

Umat Islam, Mesir, Al Ikhwan Al Muslimun, Sayid Quthb, organisasi khusus

Abstract

Al Ikhwan Al Muslimun menjelang dan sesudah Arab Spring mendapatkan sorotan sebagai salah satu elemen Umat Islam yang ideologi dan pemikirannya tersebar di berbagai Negara, tidak hanya di Negara Arab dan Negara Islam non Arab, akan tetapi juga di Negara Barat. Saat rezim Al Ikhwan Al Muslimun di Mesir tumbang, wajah lama Al Ikhwan Al Muslimun yang telah terpengaruh pemikiran Sayid Quthb kembali memunculkan aksi-aksi teror. Tulisan singkat ini berupaya menjelaskan pergolakan dan kegalatan pemikiran yang terjadi di dalam tubuh Al Ikhwan Al Muslimun, dari berdiri pada tahun 1928 sampai tumbang dari tampuk kekuasaan pada tahun 2013.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mush’ab Muqoddas Eka Purnomo, Al Azhar Cairo Mesir

Lahir di Surabaya 18 Juni 1989 menamatkan jenjang sekolah menangah pertama di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta kemudian melanjutkan jenjang menengah atas di Ma’had Bu’uts Islamiyah Al Azhar Cairo Mesir, serta menamatkan Strata-1 di Program Sejarah Fakultas Bahasa Arab Univ. Al Azhar Cairo Mesir. Selama duduk di bangku kuliah, turut berprofesi sebagai penerjemah di Fungsi Politik KBRI Cairo serta berinteraksi dengan berbagai tokoh antara lain mantan Ketua Dewan Syuro Al Jama’ah Al Islamiyah dr. Najih Ibrahim dan direktur National Center for Security Studies Brigjen Pol Purn. Dr. Khalid Okasya. 

PlumX Metrics

Published

20-12-2018

How to Cite

Eka Purnomo, M. M. (2018). Dinamika Politisasi Agama di Timur Tengah Pra dan Pasca Arab Spring; Studi Kasus Al Ikhwan Al Muslimun di Mesir. MAARIF, 13(2), 55–67. https://doi.org/10.47651/mrf.v13i2.22